Popular posts

student ittelkom. Diberdayakan oleh Blogger.

Memberikan layanan informasi mengenai teknik industri

Unknown On Minggu, 02 Juni 2013


Introduction
Dapoer Pizza adalah perusahaan yang terletak di Sukabirus yang bergerak pada bidang makanan yaitu pizza. Pizza memiliki berbagai varian rasa topping. Dapoer Pizza berencana menambah mesin pemanggangan guna meningkatkan proses produksi karena naiknya demand selama 2 bulan terakhir. Oleh karena itu, untuk meningkatkan profit perusaahan ingin melakukan simulasi selama sebulan, untuk mengetahui efek apa saja yang terjadi apabila perusahaan melakukan perubahan pada fasilitas dan resource mereka.

Model Building
Salah satu contoh dari model building adalah sistem produksi pizza. Untuk langkah awal kita definisikan terlebih dahulu sistem tersebut dengan menentukan elemen-elemen dari sistem tersebut seperti :
1.      Entitas (adonan, topping, dan dus),
2.      Location (mesin pemanggangan, penyimpanan bahan, dan pemotongan dan pengepakan pizza)
3.      Atribut (jumlah pizza yang diproduksi),
4.      Aktivitas (pembuatan pizza),
5.      Kontrol (status pizza matang atau tidak),
6.      Kejadian (kedatangan & keluarnya pelanggan).
Setelah selsai mendefinisikan seluruh sistem maka langkah selanjutnya adalah memodelkan sistem dengan menggunakan software promodel karena produksi pizza merupakan proses pembuatan suatu produk.

Verifikasi dan Validasi
Proses verifikasi adalah ketika model sistem produksi pizza disimulasikan dengan menggunakan promodel. Setelah itu melakukan verifikasi pada model simulasi yang telah di buat. Ketika model simulasi telah dibuat tidak sesuai dengan yang dikonsepkan sejak awal maka menverifikasi model building. Namun apabila model simulasi sudah sesuai maka proses verifikasi dapat diakhiri.
Proses validasi adalah setelah dilakukan model sistem produksi pizza sudah sesuai dengan yang dikonsepkan selanjutnya melakukan validasi pada model tersebut. Validasi dilakukan dengan memperhatikan model sistem produksi Pizza dengan sistem produksi pizza nyata.

Simulation Output Analysis
Model produksi Pizza yang telah dibuat dapat dijalankan menggunakan banyak input yang bersifat random sehingga output dari simulasi juga bersifat random sehingga perlu dilakukan analisis statistik dari hasil simulasi beberapa kali sehingga ditemukan suatu perilaku yang benar-benar dapat menggambarkan sistem produksi pizza secara akurat.

Comparing System
Setelah menganalisis output maka akan didapatkan alternatif-alternatif yang dihasilkan sehingga perlu dilakukan perbandingan terhadap alternatif-alternatif tersebut untuk mereduksi/mengurangi jumlah alternatif simulasi produksi pizza sehingga diperoleh model sistem yang akurat. Untuk membandingkan alternatif-alternatif terdapat beberapa metode yang dapat digunakan yaitu bonferroni approach untuk membandingkan 3-5 alternatif, serta metode ANOVA untuk membandingkan lebih dari 5 alternatif. Setelah melakukan comparing sistem maka diharapkan dapat dihasilkan model produksi pizza terbaik dari alternatif-alternatif yang dihasilakan.

Model Optimalization
Setelah didapatkan suatu model produksi pizza terbaik, maka perlu dilakukan optimalisasi simulasi. Terdapat beragam teknik yang dapat digunakan untuk mengoptimalisasi model yang sudah dibuat, salah satu cara yang dapat digunakan dalam mengoptimalisasi model sistem produksi pizza adalah dengan menggunakan aplikasi simrunner dalam promodel.

Kesimpulan
Dengan penambahan mesin pemanggangan menghasilkan output yang lebih banyak dan menurunkan utilitas mesin pemanggangan. Namun penambahan tersebut dapat meningkatkan utilitas dari resource. Selain itu dapat meningkatkan profit yang dihasilkan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments