Popular posts

student ittelkom. Diberdayakan oleh Blogger.

Memberikan layanan informasi mengenai teknik industri

Mohamad Taufik On Minggu, 23 Maret 2014

CAPABILITY MATURITY MODEL INTEGRATION (CMMI) adalah maturity model untuk process improvement bagi pengembangan produk maupun service. CMMI dikembangkan sebagai jawaban atas kebutuhan lingkungan teknologi kontemporer yang kompetitif untuk mengontrol masuknya konsep teknologi baru dan praktek untuk pengembangan perangkat lunak. Tujuannya adalah untuk membantu organisasi meningkatkan proses pengembangan dan maintenance dalam pengembangan produk dan services.
Manfaat penerapan CMMI antara lain :
·         Penilaian studi kualitas (assessing) atas proses kematangan (maturity) terkini.
·         Meningkatkan kualitas struktur organisasi dan pemrosesan dengan mengikuti pendekatan best-practice.
·         Digunakan dalam proses uji-kinerja (benchmarking) dengan organisasi lainnya.
·         Meningkatkan produktivitas dan menekan resiko proyek.
·         Menekan resiko dalam pengembangan perangkat lunak.
·         Meningkatkan kepuasan pelanggan.
·         Mempunyai fitur-fitur yang bersifat institusional, yaitu komitmen, kemampuan untuk melakukan sesuatu, analisis dan pengukuran serta verifikasi implementasi.
·         Tersedianya “Road Map” untuk peningkatan lebih lanjut.
CMMI memiliki model yang berbeda yaitu :
1.       CMMI for Services (CMMI-SVC)
·      Dirancang untuk mengcover kegiatan yang dibutuhkan dalam mengelola, menetapkan, dan memberikan services.
·      Menyediakan panduan untuk penerapan praktik terbaik CMMI dan mengintegrasikan pengetahuan yang penting untuk penyedia services
·      Memberikan best practices yang fokus padakegiatan untuk menyediakan services yang berkualitas kepada pelanggan dan pengguna akhir.
2.       CMMI for Acquisition (CMMI-ACQ)
·      Memberikan panduan kepada organisasi akuisisi untuk memulai dan mengelola akuisisi produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan
·      Berfokus pada proses pengakuisisi dan mengintegrasikan pengetahuan yang penting untuk keberhasilan sebuah akuisisi.
·      Mempengaruhi hasil dari proses akuisisi, memberikan kemampuan yang tepat untuk pengguna operasional sesuai jadwal dan dengan biaya yang diprediksi melalui penerapan disiplin dari proses akuisisi yang efisien dan efektif.
3.       CMMI for Development (CMMI-DEV)
·      Maturity model perbaikan proses  terdiri dari praktek terbaik yang membahas pengembangan dan pemeliharaan kegiatan yang mencakup siklus hidup produk mulai dari konsep sampai delivery dan pemeliharaan.
·      Mengintegrasikan pengetahuan yang penting untuk pengembangan dan pemeliharaan.
Ada beberapa tingkatan dalam CMMI antara lain :

1.       Level 1 – Initial
Pada ML1 ini proses biasanya berbentuk ad hoc. Sukses pada level ini didasarkan pada kerja keras dan kompetensi yang tinggi orang-orang yang ada didalam organisasi tersebut.
2.       Level 2 – Managed
Pada ML2 ini sebuah organisasi telah mencapai seluruh specific dan generic goals pada Level 2. Dengan kata lain seluruh proses dalam organisasi telah direncanakan, dilaksanakan, diukur, dan dikontrol dengan baik.
3.       Level 3 – Defined
Pada ML3 ini sebuah organisasi telah mencapai seluruh specific dan generic goals pada Level 2 dan Level 3. Proses dicirikan dan dipaparkan dalam standar, prosedur, tool, dan metode.
4.       Level 4 - Quantitatively Managed
Pada ML4 ini, sebuah organisasi telah mencapai seluruh specific dan generic goals yang ada pada Level 2, 3, dan 4. Sebuah subproses dipilih yang secara signifikan terlibat dalam keseluruhan proses. Subproses yang terpilih ini kemudian dikontrol dengan menggunakan statistik atau teknik kuantitative lainnya.
5.       Level 5 – Optiming
Pada ML5 ini suatu organisasi telah mencapai seluruh specific dan generic goals yang ada di Level 2, 3, 4, dan 5. ML 5 fokus kepada peningkatan proses secara berkesinambungan melalui inovasi teknologi.

DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/CMMI
http://teknologibroadband.blogspot.com/2009/01/capability-maturity-model-integration.html
http://budi.staf.upi.edu/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments